Lompat ke isi utama

Berita

Luncurkan Program Forum Warga Pengawasan Partisipatif Berbasis Komunitas, Bawaslu Gresik Libatkan 20 Ormas dan Bentuk 1000 Relawan Awasi Kampanye

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gresik terus melakukan terobosan-terobosan dalam memaksimalkan pengawasan pemilihan umum 2024 besok, salah satu yang dilakukan adalah dengan menggandeng 20 Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Gresik, untuk ikut aktif dalam mengawasi gelaran Pemilu 2024.

Bertempat di Hotel Horison Gresik, Bawaslu memulai kerjasamanya dengan 20 Ormas, dengan melakukan Rapat Kordinasi dan Launching Program Forum Warga Pengawasan Partisipatif Berbasis Komunitas Bawaslu Kabupaten Gresik, pada Selasa (28/11/2023).

Habibur Rahman Anggota Bawaslu Gresik menyatakan, bahwa ini merupakan tindak lanjut kegiatan Sosialiasi Pengawasan Partisipatif Berbasis Ormas pada 31 Oktober 2023 lalu. Ia yakin seluruh Ormas bisa menjalankan kegiatan tersebut di lingkungannya masing-masing.

“Bawaslu secara kelembagaan tidak mungkin menjalankan kerja-kerja pengawasan sendirian, tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari berbagai lapisan masyarakat,” jelas Kordiv Pengawasan, Parmas dan Humas Bawaslu Gresik ini.

Habib menambahkan, bahwa kegiatan Kerjasama ini juga merupakan implementasi dari Peraturan Bawaslu (PERBAWASLU) Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Pengawasan Partisipatif. Masing-masing Ormas selanjutnya merekrut 50 anggotanya untuk manjadi relawan yang akan dibekali pengetahuan tentang strategi pengawasan Pemilu, total ada 1000 relawan yang nantinya tergabung dalam program ini.

“Jadi jargon Bawaslu ‘Bersama Rakyat Awasi Pemilu!’, kita ejawantahkan dalam bentuk kemitraan dengan 20 pimpinan Ormas, dengan program Forum Warga Pengawasan Partisipatif ini,” terang Habib.