Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Gresik Ajak Kelompok Perempuan Lawan Hoax

Sosialisasi kepemilikan bersama kelompok perempuan dalam literasi digital lawan hoax

Kegiatan Bawaslu Gresik bersama kelompok perempuan dalam meningkatkan literasi digital lawan hoax pada kampanye medsos pemilu 2024

Bawaslu Gresik menggelar sosialisasi kepemiluan bersama kelompok  Perempuan se Kabupaten Gresik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi digital bagi Perempuan untuk menangkal hoax dalam tahapan kampanye  di media sosial dalam Pemilu 2024, Kamis (01 Februari 2024).

Diketahui jumlah pemilih Perempuan lebih banyak di Gresik dibandingkan jumlah pemilih laki – laki. Total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 961.992 orang, dengan rincian 478.961 laki – laki dan 483.031 perempuan.

Bertempat di Aston Gresik, hadir A. Warits Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyampaikan pentingnya peran Perempuan dalam pengawasan Pemilu terutama zaman sekarang yang serba digital. Pentingnya belajar komunikasi dan memanfaatkan teknologi digital dengan baik.

“Rakyat diberi sarana untuk menentukan dan mengevaluasi pemimpin dalam Pemilu ini. Momentum besar ini harus di manfaatkan sebaik mungkin agar jangan sampai pemilih terjebak hoaks”, jelasnya.

“Memanfaatkan perkembangan digital secara baik bisa mendorong Pemilu tanpa kecurangan. Jika hoax dibiarkan saja, maka informasi hoax tersebut akan dianggap suatu kebenaran”, imbuhnya.

Perempuan sangat mempunyai peran penting terutama dalam penyebaran informasi lewat jejaring media sosial. Warits berharap setelah diadakan kegiatan tersebut kelompok Perempuan bisa menyebarkan edukasi literasi digital ke kerabat dan komunitas masing – masing dan meningkatkan partisipasi Perempuan pada Pemilu 2024.