Lompat ke isi utama

Berita

Jaga dan Kawal Hak Pilih Kelompok Disabilitas, Bawaslu Gresik Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam Tahapan Penghitungan dan Pemungutan Suara.

Habibur Rohman Anggota Bawaslu Gresik dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama kelompok disabilitas

Bawaslu Gresik gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bersama Kelompok Disabilitas se Kabupaten Gresik. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendorong semua pihak untuk berkontribusi secara aktif dalam pengawasan dan pencegahan serta menciptakan Pemilu yang ramah untuk semua pihak termasuk penyandang disabilitas, Selasa (23/01/2024).

Bertempat di Aula Putri Mijil Pendopo Kabupaten Gresik, Habibur Rohman Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Gresik menyampaikan sebagai Warga Negara Indonesia kita semua mempunyai hak dan kesempatan.

“Kita punya kesempatan yang sama, pemimpin Negara ditentukan dari suara kalian semua, kita ingin memastikan pada saat pemungutan dan penghitungan suara semu warga negara terfalitasi” ujarnya.

Ia juga menambahkan Bawaslu akan terus mengawal partisipasi penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya, tetapi jika ditemukan Tempat Pemungutan Suara yang tidak ramah atau akses bagi penyandang disabilitas segera untuk laporkan ke Bawaslu.

“Bawaslu tetap akan mengawal aksesibilitas bagi sahabat disabilitas agar mendapatkan hak yang sama dan apabila ditemukan TPS yang tidak ramah disabilitas segera laporkan kejajaran pengawas kami agar segera ditindaklanjuti”, imbuhnya.

Andri Bagus Sugiarto, ketua NPCI Gresik ikut mengajak kelompok disabilitas untuk aktif berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu 2024.

“Mari bersama penyandang disabilitas untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pemilu 2024”, tuturnya.

Bawaslu berharap semua kelompok disabilitas dapat terfasilitasi meskipun dengan segala keterbatasan dengan semangat yang tinggi dan bersama – sama menyalurkan hak suara dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024.

“Ayo kita jaga, kita kawal bersama – sama hak warga Negara Indonesia termasuk kelompok disabilitas, terimakasih atas partisipasinya untuk teman disabilitas yang lain ayo tanggal 14 Februari kita menyoblos”, tutupnya.