Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gresik Tanggapi Isu Banner Money Politik di Kabupaten Gresik

Bawaslu Gresik menanggapi perihal adanya berita foto pemuda yang memegang banner bertuliskan “Nolak 50’an kabeh mundak bossss, 200 tak coblos”. Foto tersebut kini viral di media sosial dengan adanya harapan menghalalkan politik uang pada pemilu 2024.

Habibur Rohman Kordiv Pencegahan, Parmas dan Huma Bawaslu Gresik menyampaikan pihaknya berserta tim pengawas ciber Bawaslu Gresik telah melakukan penyisiran terkait foto pemuda pemegang banner tersebut, dan dari hasil dugaan sementara penemuan foto tersebut bersumber dari tangkapan foto pemilik akun instagram M.I.O.T dengan keterangan “seng wes di tata arep2” pemotret tertulis AB.

“Kami telah menerima informasi terkait foto pemuda pemegang banner yang beredar di media sosial, dari hasil penyisiran sementara ini kita masih memastikan apa foto tersebut real atau bukan, tetapi kemarin ditemukan akun pemilik yang berasal dari tuban menggunggah foto tersebut”, ujarnya.

“Uangkapan yang tertulis di banner tersebut juga telah viral di berbagai medsos terutama di Tiktok, banyak yang telah menggunggah dari berbagai daerah seolah – olah masyarakat yang sengaja memviralkan tulisan tersebut menggiring opini untuk menyetujui politik uang pada pemilu 2024” imbuhnya.

Habibur Rohman berharap masyarakat untuk tidak terpengaruh dan menyebarluaskan informasi yang belum terverifikasi, Bawaslu akan segera mengambil tindakan jika ditemukan bukti adanya pelanggaran, mohon untuk masyarakat melaporkan jika ada dugaan pelanggaran melalui pos lapor yang telah disediakan Bawaslu Gresik.

“Kami akan bekerjasama dengan pihak terkait lainnya untuk memastikan berita tersebut benar atau tidak”, pungkasnya.