Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gresik Gencar Patroli Pengawasan di Masa Tenang

Bawaslu Gresik sedang melakukan patroli pengawasan

Memasuki hari terakhir masa tenang, Bawaslu Gresik gencar melakukan patroli pengawasan Pemilu. Bawaslu Gresik mengintruksikan kepada seluruh jajaran pengawas Pemilu dari Tingkat kecamatan sampai pengawas TPS yang berjumlah 3.673 untuk melakukan pengawasan secara intensif, Selasa (13 Februari 2024).

Rozikin Kordiv Penanganan Pelanggaran menyampaikan masa tenang merupakan tahapan paling krusial, karena tidak diperbolehkan melakukan aktifitas kampanye dan rawan terjadinya politik uang.

“PTPS memiliki kendali penuh untuk melakukan pengawasan di sekitar TPS  ada atau tidaknya  aktifitas kampanye dan politik uang yang dilakukan oleh peserta Pemilu di tiap TPS yang dikontrol”, jelasnya.

Setelah melakukan pengawasan indikasi kampanye atau politik uang di sekitar TPS nantinya akan disampaikan ke Tingkat kecamatan lanjut Kabupaten dan diputuskan apakah memenuhi unsur pelanggaran atau tidak.

Bawaslu Gresik berharap pengawas TPS untuk lebih intens dalam melakukan patroli di masa tenang Pemilu terlebih mencegah terjadinya “serangan fajar” oleh peserta Pemilu 2024.