Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Launching Tadarus Pengawasan Selama Ramadhan

Gresik, 24 April 2020. Bawaslu RI Launching Tadarus pengawasan pemilu selama bulan Ramadhan. Yakni kegiatan yang berkesinambungan secara terus menerus selama bulan ramadhan untuk berbincang, dikusi, dan mencari inovasi pengawasan pemilu yang dilakukan via online.

Abhan selaku Ketua Bawaslu dalam launchingnya mengapresiasi hadirnya tadarus pengawasan pemilu yang diprakarsai bagian sosialisasi saat masa covid-19 ini selama bulan Ramadan. Menurutnya, semangat dan aktivitas menghadapi Pilkada 2020 melalui Daring Tadarus Pengawasan Pemilu merupakan bagian Bawaslu dalam mempersiapkan seluruh jajarannya untuk semakin siap mengawasi pelaksaan pilkada yang direncanakan berlangsung 9 Desember 2020. Abhan juga menambahkan, untuk meningkatkan kapasitas pengawas pemilihan dan tahapan Pilkada 2020 ini, perlu dipahami kembali tentang fungsi dan tugas Bawaslu yakni pengawasan, pencegahan, penindakan, dan penyelesaian sengketa pilkada.

Dalam Kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan Bawaslu Mochammad Afifuddin menjelaskan, kegiatan tadarus pengawasan pemilu merupakan upaya Bawaslu untuk lebih menyosialisasikan pilkada dilaksanakan sehingga semakin siap. “Tadarus Pengawasan Pemilu adalah diskusi secara daring, sebagai upaya mencari, menggali serta membagi informasi, berbagi perbincangan dan diskusi terkait pengawasan pemilu di tengah pandemik covid-19 ini,” jelas Afif.

Hal senada juga disampaikan Anggota Bawaslu Rahmad Bagja. Dia menegaskan, acara ini sebagai program Bawaslu untuk berdiskusi serta saling mengkaji berbagai aspek mengenai pengawasan Pilkada 2020 agar sengketa proses pikada dapat diminimalisir. Lebih lanjut, Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menjelaskan, kegiatan Tadarus ini merupakan strategi persiapan perencanaan untuk teknis dan pedoman dalam rangka mengurangi pelanggaran sengketa pada Pilkada 2020.

Pada acara perdana nantinya terdapat dua Narasumber yang mengisi Tadarus Pengawasan Pemilu, yaitu Kaka Suminta, Sebagai Sekretaris Jendral Komite Independen Pemantau Pemilu  (KIPP) yang mengulas tentang “Peran Serta Masyarakat Dalam Memperkuat Demokrasi” dan Toto Sugiharto, Sebagai Exposit Strategic  mengisi tentang  “Hal Mematikan Yang Menginveksi Pilkada” yang dimulai pada Senin 27 April 2020 Pukul 14:00 – 16:00 WIB. Live di akun youtube Humas Bawaslu RI.

Tag
Berita