Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gresik bersama Panwascam Gelar Bimtek Pengenalan Siwaslu Kepada PTPS

Gresik, 06 Desember 2020. Bawaslu Gresik telah melantik 2267 Pengawas Tempat pemungutan Suara (PTPS) Se-Kabupaten Gresik yang mana akan bertugas pada tanggal 9 Desember 2020 nanti. Bawaslu Gresik bersama Panwas Kecamatan akan melakukan Bimbingan teknis untuk PTPS sebelum mereka terjun kelapangan nanti dengan pembekalan dan penegenalan sebuah aplikasi baru yaitu Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu).

Nantinya Siwaslu akan digunakan oleh PTPS pada saat pengimputan data hasil rekapitulasi ditingkat TPS. Siwaslu digunakan untuk mempermudah tugas PTPS dalam pelaporan nya. Dengan berbasis Android Siwaslu bisa di download melalui play store. Nantinya pengenalan Siwaslu akan didampingi langsung tim dari kabupaten. Menurut Imron Rosyadi Siwaslu akan mempermudah teman-teman PTPS dalam bertugas dan nantinya setiap korwil akan turun untuk membantu menegenalkan aplikasi tersebut, “Kebetulan Korwil Saya Di Gresik Selatan, jadi nanti yang akan mendampingi penegenalan Siwaslu di Gresik selatan adalah saya” ucap Imron.

Harapan adanya Siwaslu agar nantinya hasil dari perhitungan suara ditingkat TPS bisa langsung dipantau hasil pergerakannya, sehingga perlu adanya bimbingan teknis terkait penggunaan Siwaslu kepada teman-teman PTPS yang akan bertugas nantinya. Karena operator Siwaslu adalah teman-teman PTPS langsung.

Imron juga menambahkan bahwa nantinya saat bekerja di tanggal 09 Desember, teman-teman PTPS sudah siap dengan bekal yang dimiliki sehingga tidak ada pertanyaan tentang tugasnya ketika dilapangan. “Jangan sampai teman-teman PTPS buta saat dilapangan apalagi terkait Siwaslu yang baru ini, karena itu Bimtek kali ini kami kawal dan damping semuanya karena ini juga menyangkut marwah lembaga, pasalnya PTPS adalah garda terdepan kami pada tanggal 9 Desember nanti” tambah Imron.

Tag
Berita