Lompat ke isi utama

Berita

Afifuddin Anggota Bawaslu RI Resmikan Desa Miliader Sekapuk Kabupaten Gresik Sebagai Desa Anti Politik Uang Pertama Di Jawa Timur

Gresik, 21 Oktober 2020. Gresik terpiih menjadi salah satu kabupaten yang akan diresmikan oleh Mochammad Afifuddin salah satu Anggota Bawaslu Republik Indonesia sebagai Desa Anti Politik Uang. Desa Sekapuk tepatnya di wilayah Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik menjadi satu desa yang akan diresmikan langsung oleh afifuddin. Peresmian Desa Sekapuk menjadi satu desa pertama di Jawa Timur bukan semata-mata tanpa alasan, Sekapuk dipilih karena memiliki daya tarik sendiri hingga viral ditingkat nasional. Karena sekapuk yang awalnya menjadi salah satu desa termiskin di kota industri salah satu julukan kota Gresik, namun saat ini berubah 180 derajat menjadi desa miliader berkat dipimpin Abdul Halim sebagai Kepala Desa baru di Sekapuk.

Peresmian dilakukan di wanawisata Setigi yang berartikan Selo Tirto Giri yang mana awalnya tempat tersebut adalah tambang gunung kapur yang kemudian digunakan sebagai tempat pembuangan sampah selama berpuluh-puluh tahun. Namun berkat ditangan dingin Abdul Halim tempat tersebut disulap menjadi Wisata Alam yang sampai viral ditingkat nasional dan secara langsung mengubah image Sekapuk menjadi desa milyader sehingga mampu mengangkat perekonomian seluruh warga Sekapuk. Pada kondisi pandemik saat ini ekonomi sulit menjadi rawan praktik politik uang. Namun bagi Desa Sekapuk ini berbeda, Desa ini dinobatkan sebagai desa miliarder. Sehingga Desa Miliarder ini menolak praktik politik uang. Dengan dikukuhkannya Sekapuk sebagai desa anti politik uang, Afif berharap bahwa pilkada di Gresik berjalan dengan baik.” Disini baru pertama kalinya saya meresmikan desa anti politik ini, Desa Sekapuk ini saya sudah lihat banyak ceritanya di internet jadi saya sangat antusias hadir dalam meresmikan nya, semoga Sekapuk menjadi pelopor desa yang benar-benar anti politik uang, karena pemberian uang pada Pilkada bukanlah sedekah tapi malapetaka” ujar Afif saat memberikan sambutannya.

Disaat yang sama Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim tidak menyangka bahwa desanya akan dinobatkan sebagai desa anti politik uang, karena sebelumnya yang dia tahu aka nada kegiatan Bawaslu Kabupaten Gresik di wisata SETIGI ini. “ Saya kaget dan tidak menyangka bahwa akan dinobatkan menjadi Desa anti politik uang dan diresmikan langsung oleh anggota Bawaslu RI. Semoga Sekapuk bisa memegang amanah ini dan bisa menularkan ke desa-desa di Kabupaten Gresik” Ungkap Halim Kades nyentrik dengan khas jenggot panjangnya.

Pada saat yang sama Imron Rosyadi beserta jajaran Anggota Bawaslu Kabupaten Gresik berterimakasih banyak atas kedatangan Anggota Bawaslu RI Afifuddin untuk meresmikan desa anti politik uang tersebut, serta kepada Kades Sekapuk yang dijadikan sebagai tempat percontohan desa anti politik uang. “ saya beserta jajaran berterimakasih banyak Pak Afif sudah berkenan meresmikan desa anti politik di Sekapuk ini, serta Pak Halim selaku Kades yang mau direpotkan dan dijadikan percontohan sebagai desa anti politik uang, selanjutnya kami ingin ada Sekapuk-Sekapuk lagi diseluruh desa di Kabupaten Gresik” imbuh Cak Im saat menutup acara persemian tersebut. Selanjutnya seluruh undangan berfoto bersama dan meresmikan acara dengan memukul gong sebagai tanda diresmikannya Sekapuk sebagai desa anti politik uang.

Tag
Berita