Lompat ke isi utama

Berita

Server Sirekap Down, Bawaslu Gresik dan KPU Sepakati Penundaan Rekapitulasi di Tingkat Kecamatan

Gresik, 11 Desember 2020. Rekapitulasi hasil pemilihan ditingkat kecamatan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik tahun 2020 dilakukan serentak disemua kecamatan se-Kabupaten Gresik. Hal baru pada rekap kali ini dimana dilakukan juga menggunakan aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), jadi rekap kali ini menggunakan dua cara yaitu manual dan Sirekap. Namun saat dimulai rekapitulasi hampir diseluruh kecamatan se-Kabupaten Gresik mengalami error system dan server Sirekap sendiri sering down sehingga mengganggu proses perekapan.

Banyak laporan masuk ke Bawaslu Kabupaten Gresik terkait server Sirekap yang sering Down sehingga memmunculkan banyak keresahan serta kecurigaan apakah benar server down atau ada permainan dibalik itu. Laporan serupa juga masuk langsung ke ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi. Imron selakuk ketua Bawaslu belum bisa memberikan keputusan terkait Sirekap pasalnya Sirekap itu Miliknya KPU. “ Kami tidak bisa memberikan jawaban terkait server Sirekap yang down karena itu ranahnya KPU tapi jika memang dirasa meresahkan kami mengusulkan untuk melakukan rekapitulasi dengan manual” ucapnnya.

Bawaslu Gresik langsung melakukan kordinasi dengan KPU untuk memutuskan langkah yang tepat terkait server Sirekap yang down. Pasalnya banyak keresahan dibawah terkait Sirekap dan jangan sampai menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Bawaslu dan KPU Gresik telah melakukan koordinasi di kantor KPU Gresik dan menyepakati bahwasanya Sirekap ditunda besok hingga server kembali normal dengan disaksikan oleh tim sukses kedua pasangan calon.

“Hasil dari kordinasi kami beserta KPU serta tim sukses paslon sepakat Sirekap ditunda sampai besok, untuk jadwalnya nanti kami ikut KPU kapan dimulai lagi rekapitulasinya” pungkas Cak Im sapaan ketua Bawaslu Gresik itu. Dari hasil kordinasi tersebut maka untuk hari ini dinyatakan resmi ditunda kegiatan rekapitulasi diseluruh kecamatan se-kabupaten Gresik sampai jadwal resmi nya dikeluarkan oleh KPU kapan dimulainya kembali.

Tag
Berita