Lompat ke isi utama

Berita

Daring Riset Evaluasi Pilkada Oleh Bawaslu Jatim

Gresik, 11 Mei 2020. Pada  rapat daring persiapan riset evaluasi Pilkada oleh bawaslu Jatim. Dalam pembagian cluster, varian riset yang muncul dari Bawaslu Kabupaten/Kota sudah banyak, diantaranya : politik uang, kampanye, data pemilih, rekapitulasi, partisipasi pemilih, uji hirarkhi putusan dan terkait Aparatur Sipil Negara (ASN).

Bawaslu bersiap melakukan riset pilkada 2015 dan 2018, dalam rangka hal tersebut Bawaslu Jatim tersebut melakukan rapat persiapan dengan Bawaslu Kabupatan/Kota se Jawa Timur, hadir pula untuk membuka acara tersebut Mochammad Afifuddin Kordiv Pengawasan Bawaslu RI dan dalam sambutannya Riset ini adalah bagian dari inovasi. “ Riset ini sebagai langkah inovasi penyelenggaraan pilkada. Sekarang ini kita lakukan dengan lebih sistematis. Tidak semua orang bisa melakukan riset, tetapi jangan dijadikan dasar untuk tidak beraktivitas. Kita bisa belajar bersama,” ungkap Afif.

Menurut Afif, riset evalausi pilkada tahun 2015 dan 2018 ini untuk melihat dari segi teknis dan substansi penyelenggaraan proses demokrasi yang telah dilakukan. Ia juga menambahkan, bahwa Bawaslu se-Jawa Timur juga dapat melakukan riset terhadap evaluasi proses pilkada tahun 2020 dalam situasi pandemi.

Dalam perjalanannya setiap daerah memiliki kekhasan untuk diteliti dan diangkat sebagai tema menarik. Untuk itu, ia mendorong ada publikasi sistematis terhadap kerja riset yang dilakukan. Ia juga telah menghitung, bahwa Bawaslu RI sendiri selama tiga tahun ini telah menerbitkan 40 buku. “Kalau kita punya dua rumah, satu dipakai dan satunya tidak, nanti juga akan sama-sama rusak. Makanya kita maksimalkan kerja kita. Cara bersyukur yang paling baik adalah dengan terus berkarya,” pungkasnya.

Tag
Berita