Lompat ke isi utama

Berita

GELAR PENDIDIKAN PENGAWASAN PARTISIPATIF, EKA RAHMAWATI DORONG PEMUDA MENJADI PENGGERAK PENGAWASAN PEMILU DI KABUPATEN GRESIK

Memasuki tahapan kampanye pemilu 2024, Bawaslu Gresik menggelar program Pendidikan pengawasan partisipatif yang dihadiri oleh 100 mahasiswa dari 10 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kabupaten Gresik yang berlangsung di hotel Aston, Selasa, 12 sampai dengan 14 Desember 2023.

Kegiatan dibuka resmi oleh Anggota Bawaslu Jawa Timur, Eka Rahmawati dalam sambutnya menyampaikan Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu tetapi seluruh masyarakat untuk mengawal Pemilu yang bermartabat dan Para Mahasiswa harus serius selama pelantihan 3 hari kedepan.

“Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu selain melakukan tugas-tugas pengawasan, pencegahan dan penindakan pelanggaran, juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan pendidikan politik bagi masyarakat. Pendidikan politik dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan partisipasi pengawasan bagi masyarakat, khususnya dalam melakukan pengawasan partisipatif,” tegasnya.

Ia berharap 100 pemuda hasil Pendidikan ini harus mampu menjadi penggerak pengawasan pemilu di lingkungan masing – masing.