Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gresik Lantik 2.267 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS) Secara Bergelombang

Gresik, 16 November 2020. Bawaslu Gresik Lantik 2.267 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (P-TPS) secara bergelombang di pendopo kecamatan masing-masing wilayah. Pelantikan dilakukan langsung oleh Pengawas Kecamatan (Panwascam) masing-masing wilayah dengan di supervisi langsung oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten.

Mengingat Pilkada kali ini masih dalam wabah pandemic Covid-19 maka pelantikan P-TPS dilakukan bergelombang mengikuti setengah batas maksimal kuota tempat yang akan digunakan dalam pelantikan, biasanya tempat pelantikan berada di pendopo kecamatan masing-masing wilayah Panwascam. Ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi mengungkapkan pelantikan dilakukan secara bergelombang dan tetap menerapkan protokol kesehatan, karena total P-TPS yang dilantik sebanyak 2.267 orang dari 18 kecamatan.

Pelantikan P-TPS ini menjadi bagian dari Kordiv SDM dan organisasi yang diampuh oleh Maslukhin. Sebagai Kordiv SDM Maslukhin berhasil mengarahkan jajaran dibawahnya baik Panwascam Maupun pengawas kelurahan/desa  dalam proses rekrutmen, sehingga tidak ada penambahan atau perpanjangan pendaftaran P-TPS di Gresik. Maslukhin menjelaskan pelantikan akan dilakukan pada tanggal 15 dan 16 November secara bergelombang karena terkait prokes Covid-19. “Pelantikan akan kami upayakan tetap melihat prokes dimana tempat yang akan digunakan akan diisi setengah dari kapasitas peserta, maka itu pelantikan dilakukan secara bergelombang untuk mematuhi prokes Covid-19” ucap Maslukhin. Maslukhin sendiri mendapat bagian supervisi dibagain Utara Gresik.

Imron Rosyadi selaku ketua Bawaslu Gresik saat dikonfirmasi akan melakukan supervisi di wilayah Selatan salah satunya kecamatan kedamean. Pada supervisi nanti Imron akan menyampaikan bahwa pentingnya netralitas dan kepekaan pada berita Hoax, “ P-TPS adalah ujung Tombak paling pertama pada Pilkada ini, jadi wajib bagi semua P-TPS netral tanpa embel-embel apapun” ungkap cak Im.

Nantinya semua P-TPS yang telah dilantik akan disiapkan sejumlah kelengkapan APD Covid-19 dan pastinya akan tercover secara langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan “ semua jajaran P-TPS akan kami cover langsung BPJS tenagakerja, kami tidak ingin ada penyelenggara yang kenapa-kenapa tanpa tercover dan terlindungi kesehatanya pada saat bertugas, dan pastinya sejumlah APD untuk Covid-19 juga akan kami siapkan semua” tambah Ketua.

Tag
Berita