Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Gresik Tingkatkan SDM Panwascam Melalui Pelatihan Kehumasan

Narasumber Umi Hani Dalam Giat Peningkatan Kehumasan

Bawaslu Kabupaten Gresik menggelar Pelatihan Tata Naskah Dinas, Kearsipan, dan Kehumasan bagi Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Gresik, Jumat - Minggu (23 - 25 Agustus 2024) di Hotel Aston Gresik.

Pelatihan tersebut menghadirkan 2 narasumber yaitu Pemimpin Redaksi Radar Gresik, Siti Umi Hanik, SS. M.Pd. dan Dosen IAI Al Khairat Pamekasan, Tiwuk Sutanti, M.Pd

Dalam pemaparannya Siti Umi Hanik menerangkan terakit teknis penulisan berita kepada Panwaslu Kecamatan. Untuk memudahkan penulisan berita langsung, harus menentukan angle berita atau sudut pandang berita terlebih dahulu. Angle berita yang dapat memandu penulis agar tidak melebar jauh dari substansi berita yang akan ditulis.

“Untuk menyajikan berita, seorang penulis dipandu oleh angle berita/sudut pandang berita dan selalu fokus pada angle berita tersebut”, jelasnya.

Selanjutnya gunakan kalimat aktif dengan pola SPOK. Hindari penggunaan kalimat panjang. Berita dibuat dengan menggunakan kalimat pendek, lugas dan mudah dipahami pembaca. Bila kalimat panjang, diupayakan untuk menyederhanakan kalimat dimaksud dan  harus memenuhi unsur 5W+1H.

Sedangkan, Tiwuk sutanti memaparkan tentang pengelolaan kehumasan. Menurutnya kehumasan sangat sangat penting bagi lembaga, agar apa yang menjadi tujuan suatu lembaga berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan.

“Fungsi humas adalah untuk mengantisipasi, menganalisis, serta menyusun strategi dengan menggunakan media untuk memberikan pengaruh terhadap publik”, terangnya.

Lebih lanjut Humas merancang strategi untuk mendukung gerakan baru melalui pembuatan konten editorial dan menulis berita terakait pencapaian - pencapaian lembaga kepada publik, tutupnya.