Lompat ke isi utama

Berita

WUJUDKAN PEMILU INTERGITAS, BAWASLU GRESIK GELAS SOSIALISASI NETRALITAS ASN

Menuju Pemilu serentak 2024 Bawaslu Gresik menggelar sosialisasi perbawaslu 5 Tahun 2022 dan Netralitas ASN pada Kamis (30/11/2023). Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran dan peran penting ASN menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Kordiv SDMO, Robbah Khunaifih dalam sambutnya menyampaikan sosialisasi tersebut merupakan bentuk himbauan dan menjelaskan didalam aturan ASN harus netral.

"ASN memiliki peran kunci dalam menjaga integritas dan netralitas dalam Pemilu Oleh karena itu, kami berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, ASN dapat lebih memahami tanggung jawabnya sebagai bagian dari pilar demokrasi” ungkapnya.

Hadir narasumber Purnomo Satriyo Pringgodigdo, SH., MH. Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Timur 2018 - 2023 menyampaikan materi tentang Perbawaslu 5 Tahun 2022 pengawasan penyelenggara Pemilu.

“Ada empat definisi penting yaitu pengawasan, pencegahan, temuan dan laporan, perlu di ingat salah satu tugas pengawas pemilu bukan hanya pengawasan, jadi jika Bapak/Ibu mendapatkan surat itu merupakan pencegahan dan yang punya tugas untuk melakukan pengawasan adalah Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi  dan Kabupten, jajaran di kecamatan dan desa adalah membantu”, tuturnya.

Hadir juga narasumber Khusaini, S.E, M.Si Kepala BKPSDM menyampaikan materi tentang Asas  netralitas ASN dalam pemilu 2024, bahwa setiap pegawai ASN tidak berpihak dari segala bentuk manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. Ia juga menyampaikan tentang surat edaran kementrian PAN RB nomor 1 tahun 2023 tentang pedoman pengawasan netralitas pegawai pemerintah non pegawai negeri dalam penyelenggaraan Pemilu.

“Bagi teman – teman PPNPN harus juga hati- hati jangan sampai terlibat pelanggaran netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu”, ucapnya.

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam memperkuat integritas dan netralitas ASN di Kabupaten Gresik, sehingga Pemilu 2024 berlangsung dengan lebih baik dan dapat dipercaya oleh masyarakat. Bawaslu Gresik berkomitmen untuk terus melakukan upaya-upaya edukasi dan sosialisasi guna memastikan peran ASN yang netral dan profesional dalam setiap tahapan Pemilu 2024.