Lompat ke isi utama

Berita

TANGKAL HOAKS, BAWASLU GRESIK SOSIALISASI PENGAWASAN PARTISIPATIF BERSAMA PERS DAN PEGIAT MEDSOS

Bawaslu Gresik menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama para awak media kegiatan berlangsung di Horison, Senin (11/12/2023).

Kordiv Pencegahan, Parmas dan Humas, Habibur Rohman dalam sambutnya menyampaikan memasuki tahapan kampanye banyak potensi terjadinya pelanggaran, pelanggaran tersebut tidak hanya terjadi di dunia nyata tetapi juga kebanyakan terjadi di dunia maya, hal tersebut dikarenakan maraknya isu – isu negatif yang disebarkan melalui media sosial.

“kami berharap media menjadi kontrol wancana, kita selaku bagian dari masyarkat sipil harus bertindak pada kebenaran, agar kita bersama – sama mengawal Pemilu 2024 yang berintegritas”, ungkapnya.

“Bawaslu menggandeng media karena selain bisa memberikan edukasi kepada pemilih, media bisa memberikan porsi seimbang terutama saat masa kampanye seperti ini, baik dari isi pemberitaan”, ujarnya.

Zurron Arifin Kepala Bidang statistik dan Informasi Publik Kominfo turut menyampaikan akan siap bersinergi dengan Bawaslu dalam pengawasan pemilu 2024, dan Kominfo sudah menyiapkan program layanan klinik hoaks sehingga masyarakat bisa melihat bahwa berita tersebut benar atau tidak.

Turut hadir narasumber Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik Deni Ali dan Sutikhon ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG) turut memberikan arahan kepada awak media agar selalu berpihak pada kebenaran, independent dan objektif dalam pemberitaan.