Lompat ke isi utama

Berita

MELALUI FORUM WARGA, BAWASLU GRESIK AJAK MASYARAKAT JADI PENGAWAS PARTISIPATIF

Bawaslu Gresik menggandeng Poros Sahabat Nusantara (POSNU) Gresik menyelenggarakan kegiatan forum warga pengawasan partisipatif dengan tema Pemuda Bersatu Awasi Pemilu di Kantor Kecamatan Bungah, Minggu (03/12/2023). Kegiatan forum warga tersebut bertujuan mengajak POSNU mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu.

Anggota Bawaslu Gresik, Robbah Khunaifih dalam sambutnya menyampikan bahwa Bawaslu mengutamakan pencegahan pada Pemilu tahun 2024 sehingga diharapkan tidak ada pelanggaran dan kecurangan di pemilu 2024 mendatang.

“Mari bersama menjadi pengawas pemilu yaitu pengawas partisipatif, dengan cara mencegah terjadinya kecurangan dalam pemilu atau melaporkan segara bentuk pelanggaran dan kecurangan Pemilu kepada pengawas pemilu sehingga tidak terjadi pelanggaran pada pemilu serentak tahun 2024”, ujarnya.

Hadir narasumber Syafi’ Jamhari anggota Bawaslu Gresik periode 2018 -2023 dalam paparan materinya menerangkan bahwa partisipatif yang efektif adalah mengajak masyrakat untuk ambil bagian dan terlibat. Dalam pengawasan juga harus sebagai actor dan mendorong untuk melaporkan.

“Bapak Ibu sebagai mitra Bawaslu, mari awasi dan laporkan jika terjadi adanya kecurangan, kita harus satu persepsi dalam menjadi mitra”, ungkapnya.