Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU AJAK KOALISI PEREMPUAN INDONESIA (KPI) GRESIK SASAR KETERLIBATAN KELOMPOK PEREMPUAN DALAM PENGAWASAN PEMILU 2024.

Bawaslu Gresik bersama Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Gresik menyelenggarakan kegiatan Forum Warga pengawasan Partisipatif dengan tema “Partisipati Akar Rumput Dalam Pengawasn Pemilu 2024” bertempat di Balai Desa Pangkah Kulon, Minggu (03/12/2023).

Anggota Bawaslu Gresik Robbah Khunaifih dalam sambutnya menyampaikan forum warga pengawasan partisipatif masyarakat bertujuan untuk menambah wawasan kepada Perempuan terkait dengan kepemiluan dan kepengawasan partisipatif.

“kegiatan pengawasan partisipatif ini akan terus berkelanjutan, dengan harapan lapisan masyarakat khususnya Perempuan bisa ikut berpartisipasi dalam pemilu Tahun 2024 dan semoga menjadi salah satu upaya pencegahan pelanggaran yang efektif”, ungkapnya.

Sementara Ketua KPI Gresik Duta Bintan Fitriyah menyampaikan apresiasi kepada Bawaslu Gresik karena telah menyediakan ruang untuk segmen Perempuan dalam pengawasan partisipatif.

“Terimakasih kepada Bawaslu Gresik telah memberikan ruang kepada KPI Gresik dalam kegiatan pengawasan partisipatif , Partisipasi tidak hanya sekadar seberapa tingginya tingkat pemilih menggunakan hak pilihnya pada bilik suara, akan tetapi sejauh mana penggunaan hak pilihnya dilaksanakan secara sadar sebagai masyarakat pemilih”, ungkapnya.

Hadir narasumber Maslukhin Anggota Bawaslu Gresik Periode 2018 – 2023 dalam paparan materinya terkait pengawasan kampanye dalam pemilu tahun 2024.

"partisipasi tidak hanya menggunakan hak pilih di TPS, namun dilaksanakan dalam hal pengawasan mandiri pada setiap tahapan pemilu, terutama saat ini sedang memasuki masa kampanye, ibu – ibu harus ikut aktif dalam mengawasi serta selain tahapan netralitas penyelenggara juga perlu diawasi”, jelasnya.