Webkusi Sesi-11, Muda Bermanfaat Adalah kemuliaan

Webkusi Sesi-11, Muda Bermanfaat Adalah kemuliaan

Gresik, 14 Juni 2020. Webkusi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) melalui media daring dengan menggunakan Zoom Meeting dan YouTube Channel Bawaslu Provinsi Jatim memasuk sesi-11. Peserta kali ini berasal dari Kabupaten Gresik 65 orang, Kabupaten lumajang 38 orang, dan 56 orang dari Kabupaten Nganjuk. Webkusi berjalan dengan antusiasme yang tinggi dari semua peserta. Webkusi sesi-11 kali ini dengan narasumber Purnomo Satriyo Pringgodigdo selaku Koordinator Divisi Hukum Data Informasi Bawaslu Provinsi Jawa Timur, sedangkan yang menjadi moderator, M. Syafi’i Jamhari, Komisioner Bawaslu Kabupaten Gresik.

Purnomo Satriyo Pringgodigdo, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur selaku narasumber menyatakan posisi peserta SKPP Daring tahun 2020 ini berada di posisi yang beruntung. Sebab peserta mendapatkan materi tentang pengawasan Pemilu secara lengkap. “Teman-teman peserta berada diposisi yang saya baru melalui saat sudah bergabung dengan Bawaslu dan materi yang didapat tidak selengkap yang peserta SKPP Daring dapatkan, beruntunglah bisa bermanfaat diusia muda karena itu sebuah kemuliaan yang belum tentu didapat”, ungkap Purnomo.

Terkait pertanyaan dari salah satu peserta tentang adanya aturan yang tumpang tindih, Purnomo menjawab, “Kita bisa menggunakan perspektif Lex Specialis Lex Generali, yakni peraturan yang bersifat khusus mengenyampingkan peraturan yang bersifat umum, jika terjadi pertentangan antara khusus dan umum, maka yang dipakai adalah ketentuan yang bersifat khusus”, jelas Purnomo.

Di akhir sesi webkusi, Purnomo mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta serta seluruh jajaran Bawaslu/Kota yang telah mengikuti jalannya kegiatan. Harapan dari webkusi ini semua peserta dapat memanfaatkan kesempatan mendapatkan ilmu pengetahuan tentang pemilu serta pengawas pemilu secara maksimal. Purnomo berpesan kepada peserta SKPP, salah satu yang tidak bisa kembali adalah umur, menjadi bermanfaat diusia muda itu adalah kemuliaan, pungkasnya

Sedikit penambahan di akhir acara Jamhari selaku moderator yang juga sebagai Kordiv Pengawasan Kabupaten Gresik mengucapkan banyak terimakasih terhadap semua antusiasme peserta SKPP, walau acara dilakukan secara daring tapi tidak menurunkan semangat menimbah ilmunya. “ Terimakasih semua atas antusiasme dalam ikut webkusi sesi-11 ini, nantinya ilmu yang didapat bisa diterapkan peserta sebagai pengawas partisipatif” ungkap Jamhari.