Ngabuburit Online-3, Kuatkan Strategi Hubungan Antar Lembaga Di Bawaslu

Ngabuburit Online-3, Kuatkan Strategi Hubungan Antar Lembaga Di Bawaslu

Gresik, 13 Mei 2020. Ngabuburit online tentang  strategi penguatan hubungan antar lemabaga dan kehumasan di lingkungan Bawaslu. Ngabuburit kali ini merupakan Ngabuburit ke 3 yang dilakukan secara online /daring melalui aplikasi zoom yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota se Jawa Timur khususnya PJ Kehumasan dan Staf Kehumasan.

Pada acara kali ini lebih ke arah berbagi pengalaman persoalan kehumasan masing-masing instansi. Ngabuburit dibuka Koordinator Humas Hubal Bawaslu Jatim, Nur Elya Anggraini yang kemudian dilanjut dengan pemaparan materi tentang Stategi Penguatan Hubungan Antar Lembaga oleh Anggota Provinsi Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

Saiful Jihad menyampaikan dalam menjalin hubungan kerjasama dengan menyelengarakan diantaranya penyiapan perencanaan kegiatan kerjasama dan hubungan antar lembaga, menfasilitasi terwujudnya kerjasama antar lembaga dan menfasilitasi pelaksanaan urusan hubungan antar lembaga.

Anggota Bawaslu Sulsel tersebut menjelaskan pentingnya bekerjasama dengan pihak lain salah satunya karena Lembaga/Institusi/Organisasi/Individu tersebut Memiliki basis dan Pengaruh dalam masyarakat dimana program yang dimiliki Lembaga/Institusi/ Organisasi tersebut memiliki relevansi dengan Tugas Bawaslu.

Syaiful mengungkapkan di Sulawesi Selatan, Bawaslu aktif menjalin kerja sama dengan pemerintah desa. “Di Sulawesi Selatan, kami ajak pemerintah desa bersama elemen masyarakatnya aktif dalam pengawasan partisipatif. Jika di Bawaslu bekerja sama dengan Polri dan Kejaksaan Sentra Penegakan Hukum Terpadu. Kita dengan elemen desa membentuk Sentra Pencegahan Terpadu. Kami buat posko-posko dengan atribut kepemiluan, buku-buku tentang sosialisasi pemilu, poster-poster tolak politik uang, dan lain-lain”. Ungkap Syaiful