Cermati Pendaftar PPS, Bawaslu Temukan 26 Pengurus Parpol Lolos Ujian Tulis

Cermati Pendaftar PPS, Bawaslu Temukan 26 Pengurus Parpol Lolos Ujian Tulis

Gresik,10 Maret 2020. Bawaslu Gresik temukan 26 orang yang diduga pengurus partai politik lolos tes tulis calon panitia pemungutan suara (PPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gresik 2020.
Temuan tersebut merupakan hasil penyisiran nama nama yg lolos ujian tulis calon anggota PPS.
Syafi’ Jamhari Kordiv Pengawasan Bawaslu Gresik mengatakan, bahwa Bawaslu Gresik mengerahkan seluruh Panwascam untuk melakukan pencermatan terhadap nama-nama calon anggota PPS.
“Hasilnya kita temukan 26 nama calon anggota PPS diduga merupakan pengurus parpol dengan bukti surat keputusan (SK) pengurus partai politik.” Syafi’ menuturkan.
“Hari ini (selasa, 10/03/20) kita teruskan ke KPU dalam bentuk saran perbaikan. Jadi nanti KPU yg akan mengklarifikasi mereka, dan KPU yang akan menentukan, dari hasil klarifikasi tersebut, apakah 26 nama tersebut dicoret atau tidak” tambah pria yang akrab disapa Pak Jam ini.
Mengenai temuan ini, ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi juga memberikan perhatian. Ia mengatakan, ” semestinya KPU Gresik bisa mengantisipasinya pada sa’at tahapan seleksi administrasi dengan melakukan pengecekan di sistem informasi partai politik atau SIPOL. Itu Sipol kan barangnya KPU, masak tidak digunakan dengan baik.” Tutur Imron dengan nada keras. (Syaf)