Bawaslu Gresik Lindungi Pengawas Adhoc dengan BPJS Ketenagakerjaan

Bawaslu Gresik Lindungi Pengawas Adhoc dengan BPJS Ketenagakerjaan

Gresik, 11 Januari 2020. Meski tidak diatur dalam Undang-Undang Pemilu, Bawaslu Kab. Gresik gandeng BPJS ketenaga kerjaan untuk melindungi keselamatan kerja anggota pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) selama masa kerja dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Nantinya bukan hanya Panwascam yang akan diikutkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Namun seluruh staff keskretariatan, Panwaslu Desa hingga pengawas tempat pemungutan suara (PTPS), begitu Maslukhin kordiv OSDM Bawaslu Gresik menjelaskan.
Masih menurut Maslukhin “Memang tidak diatur dalam undang-undang pemilu, baik dalam UU no 10 th 2016 ataupun UU no 7 th 2017. Akan tetapi tidak salah bagi kita untuk menjamin keselamatan seluruh penyelenggara yang kita rekrut dari beragam resiko yang bisa saja terjadi saat melaksanakan pekerjaan.
Itu semua telah diusahakan oleh Bawaslu Kab. Gresik untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja seperti yang pernah terjadi pada saat Pemilu 2019. Menurut Imron Rosyadi ketua Bawaslu Kabupaten Gresik, pentingnya BPJS ketenagakerjaan bagi semua jajaran pengawas pemilu “Panwascam itu tidak punya jam dinas seperti orang kantor lainnya tapi yang ada adalah jam kerja 24 jam untuk pengawasan, jadi sangat penting sekali BPJS ini” imbuhnya.
Bawaslu sudah menggandeng BPJS ketenagakerjaan saat awal tahun ini dimana mulai resminya Panwascam bekerja.
Pada pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019, banyak penyelenggara yang mengalami kecelak’an saat menjalankan tugas, sebgaimana pemberitaan media massa. Di Gresik sendiri, ada 2 PTPS yang mengalami kecelakakan, 1 orang kepalanya sobek, dan satu orang lainya tanganya patah, karena mengalami kecelakaan pada saat melakukan pengawasan pungut hitung.
“Ayo kita bayangkan, PTPS yang honornya kecil, apa mungkin cukup buat berobat. Jangan sampai masyarakat enggan bahkan tidak mau berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu” Pungkas Imron saat mengakhiri sambutanya dalam kegiatan serah terima kartu BPJS secara simbolik itu.